Tuesday, 16/1/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Pimpinan Baznas Kota Pematangsiantar Priode 2017-2022 Dilantik

Pimpinan Baznas Kota Pematangsiantar Priode 2017-2022 Dilantik

Oleh Redaksi

MONALISA | SIANTAR | – Badan amil zakat nasional dibentuk tak terlepas dari mata rantai sejarah, dimana kalangan pimpinan umat Islam di Indonesia telah lama menginginkan pengelolaan zakat diatur melalui kewenangan pemerintah, dengan harapan agar baznas menjadi satu-satunya pengelola amil zakat di Indonesia dari tingkat nasional sampai desa/kelurahan. Pelantikan pimpinan baznas dilaksanakan di ruang data sekretariat daerah kota Pematangsiantar jalan Merdeka nomor 6, kamis, (2/11).

Hadir melantik Badan Amil Zakat Nasional,Ketua Baznas Sumut H. Amansyah Nasution, Kakan Kemenag Drs. H. Abdur Rahman Harahap, Ketua MUI Drs. H. M Ali Lubis, Forkopimda juga OPD serta Camat dan tokoh agama, Walikota Hefriansyah, SE, MM.

Adapun yang dilantik sebagai pengurus Dr. H Marham MS sebagai ketua, Drs. H Abdul Hakim Lubis, MM wakil ketua I, Drs. Ali Syahbana Siregara wakil ketua II, Harmaini, MAG wakil ketua III dan Drs. Wanter Saragih menjabat wakil ketua IV, pelantikan pimpinan badan amil zakat nasional (Baznas) kota Pematangsiantar priode 2017-2022 melalui surat keputusan nomor : 451.49/254/IV/WK-Thn 2017.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, keberadaan baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama merupakan   instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam serta meningkatkan manfaatnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan.

Atas hasil kerja dan upaya baznas selama ini Walikota sangat mengapesiasi, dan meminta perhatian seluruh jajaran baznas untuk memperhatikan pelayanan kepada muzaki sesuai standart manajemen mutu serta memperbaiki mekanisme pendistribusian zakat kepada mustahiq, terutama fakir miskin, mualaf dan lainya.

Kekuatan dan ruh baznas terletak pada kesungguhan dalam melayani, melindungi dan menyelamatkan fakir miskin, baznas harus rutin dan transparan menginformasikan kepada masyarakat tentang penerimaan dan pendistribusian zakat, infaq dan sedekah, terlepas dari banyak atau sedikit dana yang terkumpul.

Diakhir sambutannya Walikota mengajak seluruh badan/lembaga amil zakat yang ada di kota Pematangsiantar untuk saling mendorong agar umat yang tertinggal mampu berfikir kreatif dan mampu berdikari ditengah-tengah himpitan dan kesulitan yang menerpa, keliru jika pembiaran tersebut kita pertahankan, karena kesusahan hidup akan menghilangkan gairah umat untuk produktif.

Sebelumnya, Ketua BAZAS Sumut menyampaikan selamat atas dilantiknya pimpinan Baznas kota Pematangsiantar, beliau berharap semoga amanah yang di emban kepada seluruh pengurus dapat dilaksanakan bagi kemaslahatan semua  umat, katanya.(*)

About

1 Comment

  1. renolgultom

    mantap, lanjut hefriansyah..

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *