Bappeda Dan Dinas PUPR Karo Lakukan Pengukuran Pelebaran Jalur Wisata Hotspring Simpang Desa Doulu – Semangat Gunung Menjadi 20 Meter

0
128 views

Oleh Asmila

MONALISA  | KARO | – Pembangunan infrastruktur merupakan kunci utama dalam pengambangan sektor pariwisata di Kabupaten Karo. Infrastruktur yang memadai akan membantu pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan daya saing potensi wisata yang dimilikinya secara maksimal. Guna menunjang sektor pariwisata tersebut, sejumlah perbaikan dan pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melalui Kepala Bappeda Karo, Ir Nasib Sianturi didampingi Kabid Perencanaan Bappeda Ir Amal Sembiring dan Kepala Dinas PUPR Ir Paten Purba saat melakukan pengukuran kondisi eksisting jalan dalam rangka rencana pelebaran jalur wisata hotspring Simpang desa Doulu ke desa Semangat Gunung (Raja Berneh), Jumat  (3/11)petang.

Dia mengharapkan dukungan masyarakat desa Doulu Kecamatan Berastagi dan Semangat Gunung (Raja Berneh) Kecamatan Merdeka  dalam proses pembangunan jalan tersebut nantinya. Secepatnya, kita akan mengusulkan ke Dinas Kehutanan Pemprovsu, terkait pelebaran jalan itu yang akan melewati kawasan kehutanan. Ada ketentuan, bila dibawah 5 hektar kawasan hutan yang terkena dampak pelebaran atau pembangunan infrastruktur jalan, cukup hanya dimohonkan ke provinsi. Bila diatas 5 hektar baru diusulkan ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Jakarta, jelas Nasib Sianturi.

“Setelah tadi dilakukan pengukuran mulai dari Simpang desa Doulu sampai Desa Semangat Gunung yang panjangnya sekitar 5 km, kawasan hutan yang terkena dampak hanya dibawah 5 hektar, jadi cukup diusulkan ke Dinas Kehutanan Pemprovsu. Mudah-mudahan pelebaran jalan ini sudah bisa dilaksanakan tahun anggaran 2018,” ujarnya

Karena tujuan dari pembangunan jalan, ditegaskan dia, adalah untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat. Apalagi jalan menuju pemandian air panas alam desa Semangat Gunung merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Karo. “Infrastruktur yang memadai akan membantu pemerintah dan masyarakat untuk menggenjot potensi wisata secara maksimal, karena pembangunan infrastruktur adalah kunci pengembangan pariwisata,” tutur Nasib Sianturi.

Berita Terkait: 👉  Babinsa Bantu Masyarakat Panen Padi Sawah

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo, Ir Paten Purba, pelebaran jalan Simpang Doulu menuju desa Semangat Gunung memang sudah sangat mendesak. Selama ini mau kita perlebar, tapi terkendala kawasan hutan lindung disepanjang jalan sebelah kiri mulai dari Simpang desa Doulu ke desa Semangat Gunung.

Nantinya, sepanjang jalan akan kita tata dengan trotoar, parit jalan, fasilitas taman dan lampu penerangan jalan. “Infrastruktur yang memadai akan membantu pemerintah dan masyarakat untuk menggenjot potensi wisata secara maksimal, karena pembangunan infrastruktur adalah kunci pengembangan pariwisata,” ujar Terkelin Brahmana.

Artinya, dengan infrastruktur yang semakin baik, maka akan semakin membuat betah pengunjung dan wisatawan. Apalagi kalau destinasi wisata memiliki akses yang mudah dijangkau serta menyediakan sarana dan fasilitas memadai. Ketersediaan berbagai aspek tersebut tidak hanya bertujuan untuk membuat pengunjung nyaman dan senang sekaligus menghargai estetika objek yang diunggulkan.

Ditambahkannya, sesuai instruksi Bupati Karo Terkelin Brahmana, pelebaran dan pembukaan jalan baru yang berfungsi menjadi jalur-jalur alternatif, baik di Berastagi, Kabanjahe dan Tigapanah akan di eksekusi di tahun 2018. “Anggaran perbaikannya akan ditampung di APBD induk 2018, dan hal itu memang sudah menjadi prioritas kita untuk meretas kemacetan jalan, sesuai perintah Bupati Karo,” ujar Paten Purba.(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here