BBPPKI Medan Laksanakan Bimtek & Sertifikasi SKKNI Bidang TIK, Serta Bimtek Literasi Bagi Kaum Ibu Tapteng

0
100 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISA | TAPTENG | – Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dan dinamis. Baik inovasi maupun penggunaannya, yang dapat diakses secara global menghubungkan seluruh belahan dunia secara online via internet.”Derasnya arus informasi yang disajikan secara online dengan kecepatan, efisiensi dan efektifitas telah memberikan dampak besar dalam kehidupan kita.Munculnya berbagai bidang usaha baru berbasis TIK dan bidang usaha konvensional juga harus menyesuaikan melalui penguasaan TIK itu”. kata Wakil Bupati (Wabup) Tapteng Darwin Sitompul.

Wabup Darwin Darwin Sitompul,didampingi Kepala BBPPKI Medan, Drs Irbar Samekto MSi, Plt Kadis Kominfo Tapteng, Dedy Sudarman Pasaribu SP, dan Lembaga Pengembangan Profesi dari Universitas Pembangunan Pancabudi, Rahmat Hidayat SE MM, Rabu (22/11) siang di Ruang Operasional SMAN 1 Matauli Pandan, ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut.

Pada pembukaan secara resmi oleh Wabup Darwin Sitompul berharap. TIK dan sertifikasi SKKNI ini mampu menambah jumlah tenaga kerja produktif khususnya bidang TIK semakin berdaya saing dan mampu diserap oleh lapangan kerja baru atau menjadi pengusaha.

“Di jaman revolusi digital ini, membuat kita dituntut untuk semakin bijak dan cerdas dalam menggunakan berbagai instrumen/infrastruktur TIK, terutama jika terhubung secara online. Semua tindakan kita pada era digital ini memiliki berbagai konsekuensi. Dengan adanya Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)”. harap Darwin Sitompul.

Darwin Sitompul juga berharap, peningkatan pemahaman ibu-ibu untuk dapat memaknai dan menyebarkan hal positif atas penggunaan TIK secara arif dan bijak, bahkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Khususnya ibu-Ibu, agar tetap mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan handphone ataupun komputer/notebook yang terhubung secara online. Sehingga dapat dimanfaatkan semata-mata untuk hal-hal yang positif saja, bukan malah dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif dan tidak produktif”. imbuh Wakil Bupati.

Berita Terkait: 👉  Galian C Tanpa Izin Bebas Beroperasi Di Areal HGU

Sebelumnya, Kepala BBPPKI Medan, Drs Irbar Samekto MSc dalam sambutannya dikatakan, pada tahun 2017 ini BBPPKI mempunyai 3 kegiatan di Tapteng. Yaitu kegiatan penyusunan kajian Rencana Strategis (Renstra TIK), kegiatan fasilitasi dan sertifikasi SKKNI bidang TIK bagi angkatan kerja muda Indonesia, dan kegiatan bimtek literasi TIK bagi kaum ibu.

“Ada tiga kegiatan BBPPKI dib Tapteng, Koordinasi yang baik terjalin dengan Pemkab Tapteng, khususnya Dinas Kominfo, semoga dapat semakin ditingkatkan. Upaya kami dari Kementerian Kominfo RI, BBPPKI Medan untuk mewujudkan Indonesia Kerja melalui peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah”. kata Irbar Samekto.

Dengan berbagai kegiatan, lanjut Irbar Samekto, meningkatkan SDM bidang TIK, adanya kompetensi yang legitimate dari pemerintah terhadap angkatan kerja muda, untuk berdaya saing dalam meraih lowongan pekerjaan.

“Ataupun, membuka usaha baru, peningkatan literasi TIK, termasuk hasil kajian/studi untuk mendorong percepatan pembangunan, seperti yang saat ini dilaksanakan di Tapteng”. Kata Irbar Samekto.

Kegiaatan ini digelar Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Manfaatnya, termasuk mewujudkan internet sehat untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, serta berbagai peluang usaha baru menambah pendapatan keluarga melalui TIK.

Menurut Plt Kadis Kominfo Tapteng, Dedy Sudarman Pasaribu SP, melalui Kabid Sony Nasution, Kegiatan Bimtek dan Sertifikasi SKKNI Bidang TIK selama 3 (tiga) hari diikuti 25 orang peserta yang lulus penyaringan untuk keikutsertaan pelaksanaannya.

“Adapun kegiatan Bimtek literasi TIK bagi kaum Ibu di Kabupaten Tapteng selama 2 (dua) hari diikuti oleh 30 orang Ibu-ibu dari TP – PKK Tapteng, Dharma Wanita Persatuan, Fatayat NU, Muslimat NU, Aisyiyah Muhammadiyah, Muslimat Al Wasliyah, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Punguan Ina Parhari Kamis HKBP Pandan, Perkumpulan Wanita Bijak Gereja Karismatik, Punguan Ina HKI Pandan, dan Wanita Gereja Protestan Persekutuan (GPP) Kab. Tapteng.(*)

Berita Terkait: 👉  Antisipasi Macet di Pasar Dwikora, Tim Penataan Arus Lalu Lintas tinjau Lokasi

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here