DAS Sibuluan Tapteng Tahun 2018 Akan Dibangun Normalisasi

0
208 views

Oleh: Syarifuddin Simatup

MONALISA | TAPTENG | – Direncanakan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sibuluan di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumatera Utara, Normalisasi dan dibangun Jetty (stager), dan pembuatan Check Dam.Di tahun 2018, Pemerintah akan akan membangun DAS Sibuluan di 3 kelurahan yaitu, Kelurahan Sibuluan Raya, Sibuluan Indah dan Desa Sipan Kecamatan Sarudik Tapteng dikawasan DAS Sibuluan.

Konsultan perencana CV Bahana Enginering, Firman Siahaan, mengundang masyarakat 2 Kelurahan dan 1 Desa yang bermukim di DAS Sibuluan, Selasa (28/11) ke-Kantor Camat Pandan untuk mengikuti sosialisasi. Hadir dari Dinas Sumberdaya Air Cipta Karya & Tataruang Pemprov Sumut Hanafi Kadir, Ka UPT PSDA Sibundong Batang Toru Amir Hasan Habibi el Dadi, dan Camat Pandan Dolly Simatupang.

Firman Siahaan selaku konsultan perencana CV Bahana Enginering memaparkan, direncanakan kawasan DAS Sibuluan ini akan dinormalisasi dan dibangun Jetty (stager).“Direncanakan juga pembuatan Check Dam untuk menahan sedimentasi dari hulu sungai dan mengurangi kecepatan air banjir di dekat jembatan gantung (Rambing) yang telah rusak”. katanya.

Fungsi gorong-gorong, lanjut Firman, banjir di bawah jembatan Sibuluan akan diaktifkan kembali. Selama ini gorong-gorong tersebut tidak berfungsi akibat tumpukan sampah dan sebagian di atas gorong gorong telah ada bangunan.“DAS Sibuluan juga akan diluruskan di hilir sungai, serta direncanakan pembuatan tanggul dan perkuatan tebing sungai”. paparnya.

Rencana kegiatan ini disusun sebagai dasar pengusulan proyek pembangunan pengendalian banjir di Sungai Aek Sibuluan untuk mengurangi dampak banjir yang ditimbulkan dengan intensitas 2-3 kali setahun.Sebagai konsultan perencana, program yang dipaparkan oleh pihaknya ini akan diusulkan sebagai proyek pembangunan jangka menengah.“Hasilnya didapatkan secara bertahap sembari menunggu persetujuan anggaran yang diusulkan Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Kabupaten Tapteng”. katanya.

Berita Terkait: 👉  DPRD Tapteng Setujui LKPD Bupati TA 2016

Pihaknya pun berharap, masyarakat dan pemangku kepentingan yakni Pemkab Tapteng dan DPRD Tapteng turut mendukung rencana pekerjaan Sungai Aek Sibuluan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here