SUBARIA Gerakan Pramuka Tamansiswa Melaksanakan Perkemahan di Aek Nauli Kabupaten Simalungun

0
188 views

Wabup Simalungun:  “Anggota Pramuka Diharapkan Menjadi Duta Untuk Mempromosikan Keindahan Alam Danau Toba”

Oleh Redaksi

MONALISA | SIMALUNGUN | – Gerakan Pramuka Tamansiswa daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (SUBARIA) melaksanakan perkemahan budi pekerti ke III di Bumi Perkemahana Balai Penelitian, Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPLHK) Aek Nauli Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Pelaksanaan kegiatan perkemahan tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah yang telah memilih Kabupaten Simalungun menjadi lokasi perkemahan.Kegiatan ini dapat memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan kawasan Pariwisata Danau Toba.

“Kami berharap anak-anak menjadi duta untuk mempromosikan keindahan alam Danau Toba yang tercipta dari letusan yang sangat dasyat pada ribuan tahun lalu, yang saat ini menjadi Danau Toba dengan keindahan alam begitu mempesona,”kata Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi saat memberikan kata sambutan dalam kegiatan tersebut, Rabu 20/12/2017.

Dikatakan,lokasi perkemahan Aek Nauli masih berada di kawasan Danau Toba, oleh karena itu diharapkan selama melaksanakan perkemahan dapat meluangkan waktu untuk berwisata di Danau Toba menikmati panorama alamnya yang sangat indah.

Wabup Simalungun mengharapkan, kegiatan perkemahan ini menjadi sarana pembentukan karakter yang positif bagi anak-anak, berbudi pekerti luhur, disiplin dan memiliki jiwa kepemimpinan serta persaudaraan, persahabatan, menambah ilmu pengetahuan, pengalaman dan wawasan.

“Dengan mengikuti kegiatan ini anak-anak diharapkan juga dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh yang negative, seperti narkoba, menuman keras maupun obat-obatan yang dapat merusak masa depan meraka,”tutur Wakil Bupati.

Dalam kaitan percepatan destinasi wisata berbasis geopark, Wakil Bupati mengatakan bahwa telah dibuka bandara Internasional Silangit pada November 2017 lalu oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Bandara tersebut melayani rute penerbangan Nasional dan Internasional.

Sebelumnya Prof Dr H Ki Sri-Edi Swasono,Ketua Umum Mejelis Luhur Tamansiswa yang juga sebagai guru besar Universitas Indonesia saat menjadi inspektur upacara perbukaan perkemahan tersebut menghimbau kepada gerakan pramuka Tamansiswa se- Subaria untuk terus meningkatkan wawasan kebangsaan dalam rangka menjaga keutuhan bangsa dan Negara. “Tamansiswa jangan sampai mengecewakan bangsa dan Negara,”tandasnya.

Dari kegiatan tersebut dikatahui bahwa dengan peserta sekitar 2000 orang anggota Gerakan Pramuka yang akan mengikuti pelaksanakan perkemahan mulai tanggal 20 hingga 23 Desember 2017. Selama mengikuti perkemahan para peserta akan melaksanakan kegiatan yang mengandung unsur edukasi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Camat Dolok Panribuan Boas Manik SH, Kepala BPPLHK AekNauli Pratiara L, SHut Msi, para pembinan gerakan pramuka Tamansiswa se-Subaria.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY