Pesona Objek Wisata Tapteng Air Terjun & Kolam Renang Dolok Gorbus Desa Sibintang

0
460 views

Pengunjung: “Tidak Sempurna Rasanya Pulkam Tanpa Menikmati Panorama Dolok Gorbus”

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISA | TAPTENG | – Kepala Desa (Kades) Sibintang, Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut), Ahmad Tarihoran, terbukti dapat bersinerji dengan masyarakat dan Pemerintah menggali batangan “Emas” yang terkubur ribuan tahun yang silam di Dolok (lereng bukit) Gorbus desa itu.

Keramahan dan tutur sapa masyarakat Desa Sibintang “horas Tapteng” dan rasa kebersamaan untuk membangun desa, menjadi salah satu modal utama Kades Sibintang Ahmad Tarihoran bisa berjalan lancar dan sukses membangun desanya dengan menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2015, 2016 dan tahun 2017.

Kemampuan Ahmad Tarihoran menggalang rasa kebersamaan membangun desa dan menggali potensi alam desanya Kades Sibintang ini mampu mengelola Sampuran (air tenjun) dan mata mual (mata air) yang keluar dari cela cela batu di Dolok Gorbus menjadi “Emas” batangan yang dijadikan sumber pendapatan Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMDes) setempat.

“Luar biasa, hanya dengan uang pecahan 2000 rupiah per orang, rasa capek, letih dan rasa jenuh kita terbayarkan setelah kita minginjakkan kaki didolok Gorbus. Kita disajikan pemandangan yang indah kawasan pulau mursala dipantai Barat  Sumut, hamparan sawah warga sekitar dan hutan yang hijau alami”. kata Dermina (50) seorang pengunjung dari Pulau jawa.

Hal yang sama juga di cetuskan rombongan putra/i Tapteng yang tinggal di perantauannya di Pulau Batam. Mereka menyempatkan diri untuk menikmati panorama indah dan kesejukan udara Dolok Gorbus. Pengakuan mereka, tidak sempurna rasanya Pulang Kampung (Pulkam) tanpa mencicipi kuliner khas Tapteng, dan tanpa mengunjungi kekayaan objek yang bertajuk “Negeri Wisata Sejuta Pesona” itu.

Berita Terkait: 👉  Dapat Dipatikan Demokrat Koalisi dengan PAN

“Udaranya sejuk, air terjun Sampuran Gorbus dan air di kolam renang Gorbus luar biasa jernih dan bening, cukup luas dan memadai membuat kami ingin berlama lama berenang, hingga tidak sadar sore hari sudah menunjukkan pukul 18.30 Wib”. kata Johan Simarmata (55), dan Lamtiur boru Limbong (53) Warga Nagoya Pulau Batam.

Hal yang sama juga dicetuskan Ludik Nababan (49) warga Sesetan Denpasar Bali, Efendi Silalahi (52) dari Tangerang Jabotek. Diakuinya, meski mereka harus ekstra hati hati melalui jalan rabat beton sejauh kurang 2 kilo meter dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sibolga – Barus, tepatnya dari simpang Gereja Desa Sibintang, yang dibangun melalui Dana Desa tahun anggaran 2016 dan 2017 itu.

Selain jalannya sempit, kata Meryati (35) warga Kota Sibolga Sumut, belokan dan posisinya jalannya naik turun cukup terjang. Tepaksa perjalanan pengunjung dipandu tenaga muda mudi relawan BUMDes untuk menghindari kecelakaan. Namun perjalanan kita jika menggunakan roda 2 atau roda 4 menjadi penambah nikmatnya berkunjung ke Dolok Gorbus.”Adoh..! setelah kita merogoh kantong dan menyetor donasi 2000 rupiah per-orang kepada muda mudi warga sekitar  penyedia jasa BUMDes untuk memandu perjalanan buka tutup itu”.

Awalnya jantung kita hampir copot, karena jalannya cukup sempit, belokan dan naik turunnya sangat terjang. Tetapi setelah kita tiba dilokasi kolam renang Gorbus, waa,,aahh “Wanderfull” (luar biasa indah) rasanya ingin berlama lama kita disana”. tukas Meryati, diamini warga pengunjung lainnya.

Kades Sibintang, Ahmad Tarihoran mengaku, lancar dan suksesnya visi misinya membangun desanya tidak lepas dari rasa kebersamaan masyarakat menggunakan dana desa tahun 2016 dan 2017 untuk membangun Sibintang.

“Kita mengelola kekayaan alam Dolok Gorbus untuk meningkatkan penghasilan warga. Dengan membuka jalan rabat beton sepanjang kurang 2000 meter, selain mempermudah warga mengelolah lahan pertaniannya. Dolok Gorbus juga yang dijadikan objek wisata alam akan menambah pendapatan warga dan menjadi salah satu pemasok pendapatan BUMDes Sibintang”. kata Kades.

Berita Terkait: 👉  Desa Sibintang Terpilih Mewakili Tapteng Pada Lomba Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumut

Ketika disinggung mengenai akses jalan yang hanya satu jalan keluar masuk Dolok Gorbus. Selain jalan yang terbuat dari rabat beton itu sempit, belokannya tajam, dan posisi naik turunnya jalan sangat terjal.

“Saya yakin kepada Pemerintahan Tapteng dibawah kepemimpinan bapak Bupati Bakhtiar Sibarani, yang muda dan enerjik itu juga putra asli Tapteng ini, akan membantu kami membuka akses jalan satu arah lagi, agar pengguna bisa terpisah akses jalan masuk dan akses jalan keluar”.ujarnya.

“Bapak Bupati juga sudah pernah datang berkunjung di Sampuran dan dikolam renang Gorbus ini. Keluhan pengunjung itu sudah kami sampaikan kepada bapak Bupati Baktiar, saya iyakin beliau akan memprioritaskan anggaran untuk membantu kami membangun Dolok Gorbus ini”. tandas Kades.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here