Pelepasan Santriwan/wati RA-Alwashliyah Bangun TP 2017/2018 Yang Ke-XXIV.

0
85 views

Wakil Bupati: “Berikan pendidikan yang terbaik terhadap anak-anak kita”

Wakil Bupati Simalungun saat memberi sambutan

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | SIMALUNGUN | – Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi mengajak kepada para orang tua untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak, kerena mereka menerupakan generasi penerus masa depan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Simalungun dalam sambutannya saat menghadiri pelepasan santriwan/wati Raudhatul Athfal (RA) Bangun Tahun Pelajaran (RA) 2017/2018 yang ke XXIV di Nagori Bangun Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 06/05/2018.

“Saya bangga melihat penampilan anak-anak tadi, meskipun baru menginjak usia 6 tahun tapi mereka sudah mampu tampil membaca ayat Al Qur’an. Ini patut kita berikan aprisiasi kepada mereka agar anak anak ini lebih semangat dalam belajar,”kata Wakil Bupati.

Dikatakan, kemampuan anak-anak dalam membaca saat ini janganlah menjadikan orang tua berpuas diri, namun hal tersebut merupakan titik awal bagi para orang tua untuk terus berupaya melanjutkan pendidikan bagi anak-anak. Untuk itu kemampuan anak membaca Al Qur’an dan tulis latin harus dilanjutkan dengan pendidikan selanjutnya, baik pendidikan formal maupun non formal lainnya seperti ke madrasah, agar kemampuannya saat ini dapat lebih ditingkatkan lagi.

“Peningkatan kualitas peserta didik harus sama-sama kita tingkatkan, tidak hanya melalui guru di sekolah saja, namun peran serta orang tua juga sangat dibutuhkan. Sebab di sekolah anak anak hanya beberapa jam saja bersama guru. Untuk selanjutnya orang tualah berperan sebagai guru untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak anak.” Ujarnya.

“Kepedulian dan perhatian kita juga sangat dibutuhkan oleh anak, sebagai motivasi bagi mereka untuk giat belajar, sehingga mereka kelak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, berakhlak mulia dan dapat dibanggakan bagi nusa dan bangsa,” jelasnya.

Berita Terkait: 👉  DANREM 022/PT : “ Sudah Sewajarnya Kita Menundukkan Kepala Sejenak Memberikan Penghormatan dan Penghargaan Kepada Pejuang Kesuma Bangsa”

Selain itu, Wakil Bupati juga mengharapkan kepada para orang tua untuk bersama-sama dengan guru dalam meningkatkan pendidikan anak-anak. Pemkab Simalungun akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan termasuk para guru di Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, Wakil Bupati Simalungun menyampaikan bahwa kemajuan tekhnologi informasi saat ini sangat cepat, baik melalui media massa, elektronik maupun melalui alat komunikasi seperti hand phone (HP), jangan kita terlena terhadap perkembangan informasi itu terutama terhadap anak anak, oleh karenanya kita harus dapat memilih dan memilah mana yang baik untuk anak anak kita. Mari terus kita berikan perhatian terhadap anak anak kita, terutama terhadap hal hal yang dapat merusak masa depan meraka.

Wakil Bupati juga berpesan,Dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) di Sumatera utara yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang,kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga suasana yang kondusif dimanapun berada, sehingga pelaksanaan Pilkada tersebut berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar serta menghasilkan yang terbaik untuk kelangsungan pembangunan daerah, bangsa dan negara,pungkasnya.

Acara pelepasan santriwan/wati tersebut mengangkat tema “Tetap menjadi bintang yang ceria, berkarakter yang mulia, belajar menggapai cita-cita kebanggaan Indonesia”, prosesi pelepasan wisuda santri diawali dengan pembacaab Ayat suci Al Qur’an oleh Zifa Simanjutak dan Zifana serta saritilawah disampaikan  oleh Muhammad Akhmalul Dhafa dan Khasifa Lestari, mereka merupakan anak-anak dari RA Alwashliyah Bangun yang telah mengakhiri masa pendidikan di sekolah tersebut untuk melanjutkan penidikan kejenjang selanjutnya.

Sebelumnya Kepala Sekolah RA Alwashliyah bangun, Mustaninah, dalam sambutannya mengatakan bahwa santriwan/wati yang telah selesai pendidikan di RA-Alwashliyah Bangun dan akan dilepas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya sebanyak 33 orang. “Ini pelaksanaan pelepasan para satriwan/wati yang pertama kali dilaksanakan di gedung sendiri, dimana sebelumnya dalam pelaksanaan pelepasan ini mengikuti kegiatan yang di laksanakan oleh BKPRMI,”ujarnya.

Berita Terkait: 👉  Darwin Sitompul Beri Penghargaan Kepada 6 Koperasi Berprestasi

Mustaninah berpesan kepada para orang tua santriwan/wati untuk mengenali apa yang di inginkan dari setiap anak maupun karakter anak, karena setiap anal tidak sama keinginan dan karakternya, dan berhentilah membanding bandingkan karena hal itu akan memperlambat perkembangan anak, disamping itu mari tingkatkanlah kepercayaan diri mereka.

Sementara itu komite sekolah, Zainal Abidin SPd dalam sambutannya, mengatakan bahwa para guru dalam mendidik anak pada tingkat taman kanak kanak seperti disekolah ini sangat sulit jika dibandingkan pendidikan sekolah lanjutan diatasnya, sebab guru disekolah seperti ini mengajar tentang dasar-dasar pendidikan kepada anak-anak untuk melanjutnya kependidikan ketingkat selanjutnya. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih para guru di sekolah ini yang telah mendidik anak kami untuk menuju perubahan yang lebih baik.

“Kami melihat anak anak kami sudah dapat membaca Al-Qur’an maupun tulisan latin. Kita bisa bangga sebagai orang tua melihat anak kita bisa membaca tulisan latin dan ayat Al Qur’an, namun ini semua melalui proses yang panjang, dan ini hanya dapat dilakukan oleh para guru di sekolah ini, untuk itu mari kita selaku orang tua murid memberikan perhatian terhadap sekolah ini termasuk para gurunya agar sekolah ini lebih lebih baik lagi. Dan kepada Pemkab Simalungun diharapkan untuk memberikan perhatian terhadap kesejahteraan para guru di RA Alwasliyah,”ujar Zainal.

Tampak hadir dalan acara tersebut, Camat Gunung Malela diwakili sekretaris camat Sudiono SP MSi, Dan Ramil Bangun, pangulu bangun, tokoh agam dan para orang tua satriwan/wati.(*)

 

 

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Pemkab Tapteng Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Pasar Belakang Sibolga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here