Friday, 25/5/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Pendampingan Babinsa Targetkan Surplus Pangan Di Masing Masing Daerah

Pendampingan Babinsa Targetkan Surplus Pangan Di Masing Masing Daerah

Oleh Redaksi

MONALISANEWS |TNI | – Dalam menjalin keharmonisan dengan masyarakat khususnya kepada kelompok tani, Babinsa Koramil 04/SBB Pelda Suroto Jajaran Kodim 0204/DS, melaksanakan pendampingan kepada anggota kelompok Tani Kerapat, milik ibu Sumiati br Tarigan, bertempat di Kecamatan Biru Biru Kabupaten Deli Serdang, Senin (14/05/2018).

Ibu Sumiati br Tarigan selaku anggota kelompok tani mengatakan, bahwa, dengan adanya program baru TNI, para Babinsa tidak segan terjun langsung ke lapangan untuk membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani, karena adanya bantuan dan pengawasan dari dinas terkait dan penyuluh serta keterlibatan TNI.

“Dalam hal ini kami merasa senang dan terbantu dalam mengatasi permasalahan yang ada di lapangan”,jelasnya.

Kegiatan ini merupakan rutinitas seorang Babinsa hanya semata untuk mendorong para petani yang ada di wilayah Kabupaten Deli Serdang untuk mensukseskan Swsembada pangan Nasional Tahun 2018.

Sementara itu ibu Sumiati br Tarigan, mengucapkan sangat berterima kasih kepada Pak Babinsa dan seluruh jajaran TNI yang mana mau membantu kami para petani untuk terjun langsung ke sawah atau ladang membantu memanen sampai dengan Deli Serdang Tahun 2018 ini dapat bertambah surplus.

Pada hari yang sama,Koramil 01/SGL Kodim 0204/DS melakukan pendampingan,menerima keluhan masyarakat  petani  dengan pesatnya populasi keong mas yang merusak tanaman padi sehingga dapat mengancam menurunnya hasil produksi panen.Untuk itu Serda Sutrisno merasa prihatin dan mengajak Poktan Mekar Sari mengatasi hama keong mas di Desa Suka Maju Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, Senin (14/05/2018).

Hama Keong Mas merupakan hama yang saat ini sering membuat para petani resah, oleh karena itu untuk mengatasinya diperlukan ketekunan dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan. Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini.

Serda Sutrisno di hadapan petani menjelaskan,bahwa hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya. Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama keong. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya.Terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas dengan cara sederhana dan mudah.

“Mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin.Menggunakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat beracun bagi hama keong mas tersebut.beberapa tanaman yang mengandung racun: Cabai merah, daun enceng gondok, daun jeruk, daun tembakau, makabuhay, dll. Mempertahankan air agar tidak tinggi melebihi 3 Cm karena keong mas menyukai tanaman yang lembab atau dengan cara mengeringkan tanah. Menggunakan teknik menanam mundur agar dapat mengawasi tanaman yang telah ditanam petani.”ujarnya.

Sutrisno menambahkan,Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predator agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah.Dengan cara tersebut dapat mengimbangi jumlah populasi keong mas yang begitu banyak, jika para petani lelah mengatasi hama ini. Predator yang tepat untuk memberantas hama keong mas adalah burung, itik, kura-kura, ikan dan insekta. Pengendalian ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk diterapkan petani serta tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman yang ada.”ujar Serda Sutrisno.(*)

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.monalisanews.com