Aksi Damai Insan Pers Nasional, “Pecat Oknum Dewan Pers”,

0
90 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | JAKARTA| – Aksi damai yang di lakukan Seluruh Wartawan Seluruh Indonesia yang tergabung dalam beberapa organisasi wartawan dan perusahaan media berunjukrasa menggugat Dewan Pers di Gedung Dewan Pers Kebon Sirih Jakarta Pusat, Rabu (4/7/18).

Tuntutan insan pers ini disampaikan berkenaan dengan meninggalnya salah satu rekan Journalis  di Kotabaru Kalimantan Selatan. Selain itu beberapa gugataan juga disampaikan beberapa organisasi pers yang tidak terverifikasi oleh dewan pers.

“Dewan Pers tidak independen, kami sebagai insan pers merasa dikriminalisasi. Rekomendasi dewan pers mengancam kemerdekaan pers dan melanggar UUD No.40 tahun 1999 Tentang PERS. Karenanya kami minta dewan pers ini,”Ketuanya Dipecat dan dibubarkan saja,” tegas korlap aksi dari organisasi  Wartawan.

Hal yang sama juga disampaikan salah satu perusahaan media Sinar Pagi Baru, Rinaldo. Disampaikanya, kasus perkara wartawan M. Yusuf merupakan bukti Malpraktek yang dilakukan oleh dewan pers. Karenanya pihaknya bersama beberapa organisasi wartawan yang hadir di dewan pers menghantarkan keranda mayat ke gedung dewan pers lantai delapan.

“Ini merupakan bentuk solidaritas terhadap rekan satu profesi wartawan. Kami sangat kecewa dengan rekomendasi yang disampaikan oleh dewan pers terhadap almarhum wartawan M. Yusuf. Karenanya kehadiran kami disini adalah bagian perjuangan kawan kawan insan pers,” jelasnya.

Pantauan Monalisanews dilapangan, aksi diterima oleh dewan pers. Perwakilan masing – masing organisasi masuk sambil membawa keranda mayat sebagaimana simbol matinya Kebebasan Pers Indonesia.

” Seharusnya Dewan Pers mampu mengatasi permasalahan – permasalahan yang dialami oleh para Jurnalis, Dewan Pers juga harus mampu apa yang menjadi fungsi dan kerja Dewan Pers. Para Jurnalis butuh tempat untuk konsultasi dan koordinasi dimana tempat itu harus benar – benar membela para Jurnalis. Kalau hal seperti ini kejadiannya, apa fungsi dari Dewan Pers ?”. Tutur Sudirman Pemred Rakyat Kita.(*)

Berita Terkait: 👉  DANREM 022/PT HADIRI PENUTUPAN TMMD KE-101

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here