Masyarakat Menyoal Proyek Peningkatan Jalan Sihorbo-Hutaginjang-Purbatua Sebesar Rp.5.166.200.000,(Bag I)

0
172 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Kwalitas batu pasangan saluran parit proyek Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumut peningkatan jalan ruas dari Desa Sihorbo – Hutaginjang – Desa Purbatua di Kecamatan Barus Utara (Batara) Tapteng pengerjaan proyek ditengarai tidak sesuai standar dan perjanjian kontrak yang telah disepakati.

Pasalnya,pengerjaan pembangunan drainase yang sedang dikerjakan sudah mulai kupak kapik. Proyek yang dibiayai dari dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Tahun Anggaran (TA) 2018 sebesar Rp.5.166.200.000,- ternyata volume pekerjaan tidak tercantum dalam plank  transparansi.

Ironisnya,Proyek yang didampingi Tim Pengawas dan Pengamanan Pemerintah Pembangunan Daerah Kejaksaan Negeri Sibolga hanya sebatas plank informasi untuk mengelabui masyarakat bahwa proyek yang sedang dikerjakan oleh PT ANRA tersebut benar dalam pengawasan TP4D.

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Monalisanew Sabtu (29/9/2018),PPK Dinas PUPR Pemkab Tapteng disinyalir  telah terjadi persekongkolan dengan kontraktor dan konsultan pengawas.Hal ini terbukti dengan hasil pekerjaan drainase volume batu pasangan dan campuran semen dan pasir diduga tidak sesuai dengan Renana Anggaran Biaya yang telah disepakati.Sebab hasil pengerjaan batu pasangan pengerjaan drainase sudah patah-patah dan mereng karena daya tahan pasangan itu tidak bagus.

Warga di 3 desa itu mengaku merasa kecewa terhadap rekanan yang berbuat curang, dengan bermain-main terhadap uang rakyat.

Ketika awak media Monalisa News menghubungi Pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek tersebut, tidak berhasil. Kendati sudah dicoba melalui telepon selulernya namun tidak aktip. Menurut Informasi yang diperoleh, oknum PPK itu suka berganti-ganti nomor Hp, dan susah di jumpai.

Warga pengguna jalan raya yang menghubungkan Desa Sihorba-Desa Hutaginjang, dan Desa Purbatua Kecamatan Batara Tapteng itu ber-harap kepada Kepala Dinas PU-TR Pemkab Tapteng memberikan sangsi kepada kontraktor yang mengerjakan proyek itu.

Berita Terkait: 👉  Derai Air Mata Tenaga Honorer Pemkab Simalungun

“Kadis PUPR Tapteng seogiyanya mengawasi proyek program prioritas Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani. Membangun insfratruktur jalan di wilayah Tapteng agar mutu proyek itu jangan asal-asalan,”ujar warga sekitar.

Warga yang tidak mau dimediakan namanya itu, sembari berharap agar Kadis PU-TR Pemkab Tapteng menegur, atau segera meninjau proyek yang asal-asal ini. Dan meng-instruksikan rekanan untuk melakukan perbaikan pekerjaannya yang rusak itu.(Bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here