Reses Bang Fendi Regar,Menjemput Aspirasi Masyarakat

0
304 views

Oleh Rudi Mirza Lubis

MONALISANEWS | SIANTAR | – Reses Masa Sidang  I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar telah mulai dilakukan anggota Dewan.Masa-masa reses merupakan masa penting yang sejatinya fungsional dalam menjaring aspirasi masyarakat. Hal tersebut sangat disadari oleh para anggota Dewan yang berkantor Jl H Adam Malik Kota Pematangsiantar Sumatera Utara.

Dari 30 anggota Dewan, meski ada anggota yang tidak melakukan, sebagian besar anggota menjalankan dengan benar-benar memanfaatkan momen untuk mendengarkan harapan masyarakat yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) mereka masing-masing.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap tiga  bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” Ujar Mhd Effendy Siregar Dapil II Komisi I DPRD Kota Pematangsiantar pada acra reses di Kelurahan Martoba Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar kepada Monalisanews Selasa kemarin.

Dia menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, kemudian akan direkap dan dibuat laporannya, diteruskan pada pimpinan di Dewan.“Selanjutnya kita akan teruskan ke Wali Kota, yang kemudian Wali Kota meneruskan pada OPD terkait,” ujar Bang Pendi legeslator asal Pratai Demokrat ini.

Mhd Effendy Siregar mengawali masa kegiatan resesnya di Kecamatan Siantar Utara menyatakan,Bahwa kegiatan reses sangat penting dan sayang sekali jika tidak dimanfaatkan.

“Reses ini momen kita bertemu masyarakat secara massal. Jaran-jarang lho, kita bertemu konstituen yang selama ini mendukung kita. Dengan kesibukan agenda di Dewan, ini momen yang harus kita  manfaatkan.Tadi ada tiga poin penting yang disampaikan oleh warga.Seperti pemberantasan Narkoba yang sudah semangkin meresahkan masyarakat.Untuk Satpol PP agar melakukan  razia dimasing masing warnet pada jam belajar kondisi ini sudah terlalu lama,tidak ada pengawasan dari instansi terkait.Dan terakhir kepada Satpol PP agar komunitas penyayang binatang agar tidak diberi ruang ditempat keramaian seperti lokasi lapangan Merdeka,sebelum terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Berita Terkait: 👉  Ini Luapan Kebanggaan Ance Selian Terhadap JR Saragih

Dalam kegiatan reses pertama yang dilaksanakan  Mhd Effendy Siregar,antusiasme masyarakat sangat tinggi dan tetap mendukung dan mereka masih memberi kepercayaan padanya pada Pilkada yang akan datang.Berbagai isu seperti fasilitas umum (fasum), harapan dibina, bahkan dukungan moral disampaikan oleh masyarakat.

“Mendengarkan keluh-kesah, aspirasi warga, itu memang tugas anggota Dewan. Dalam kegiatan ini kita fokus mendengarkan untuk kemudian disalurkan. Bukan sekedar mengadakan pertemuan tanpa hasil membangun di masa depan,” lanjut Bang Fendi.

Seluruh keluhan masyaraat dan harapan, dikatakan Bang Fendi akan ditindaklanjuti secara maksimal. Realisasi anggaran untuk program-program yang disetujui, disebutkan, bisa tahun depan, bisa juga kemungkinan saat anggaran perubahan.

“Kita tidak memberi janji muluk. Semua yang vital, kita akan perjuangkan. Tapi apa yang memang tidak masuk skala prioritas, tidak bisa disalurkan,namun tetap kita sampaikan,” tegasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here