Afdun, Bayi Penderita Hidrosefalus Asal Sibolga Tiba di RSP Adam Malik Medan

0
39 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Bayi penderita Hidrosefalus Afdun Hamdan (3 bulan) ddngan kedua orang tuanya Nasawardi Sihotang (27) dan Afsana Pyarka (22), Senin (25/02) malam sekitar pukul 20.30 Wib bertolak dari Kota Sibolga. Selasa (26/02) pagi sekitar pukul 07.00 Wib tiba di Rumah Sakit Pusat (RSP) Adam Malik Medan untuk menjalani perobatannya.

Setelah tiba di RSP Adam Malik untuk melanjutkan perobatannya Afdun, dengan rujukan dari RS Swasta Metta Medika Sibolga menggunakan Ambulans milik RS Meta Medika, lalu orang tua Afdun menelepon awak media.

“Hello pak, alham dulillah kami sudah sampai di rumah sakit Adam Malik pak keadaan sehat dan sehat selama perjalan,” kata Afsanah.

Kemudian Nasawardi Sihotang dan Afsanah Pyarka (orang tua Afdun-red) mengaku kebingungan tentang jadwal mendaftar dirumah sakit itu. Sembari mengatakan mereka berada di salah satu sudut komplek Rumah Sakit itu.

“Jam berapa kami bisa mendaftar ke rumah sakit ya pak.? Kami disinilah dulu sementara, karena disini banyak orang pak,” sebut Afsanah.

Kalu awak media menjelaskan agar Afsanah tidak usah menunggu sesak daftar tunggu dan langsung saja keloket registrasi.”ya oak, iya pak, kami biar mendaftar sekarang,” katanya.

Untuk diketahui, Afdun dengan kedua orangtuanya menetap di jalan GM Panggabean, Kelurahan Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Taoteng), Sumut. Meskipun Naswardi dan istri memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai penduduk Kota Sibolga.

Tak lama usai kelahiran Afdun, ia divonis menderita Hidrosefalus atau penumpukan cairan di dalam rongga ventrikel otak oleh Rumah Sakit Metta Medika, Sibolga.

Selama dua bulan, Afdun mendapatkan pengobatan generik dengan memanfaatkan kartu BPJS. Rujukan rumah sakit agar Afdun dibawa ke RSP Adam Malik kala itu belum dilakukan karena keterbatasan biaya keluarga. Nasawardi hanya seorang nelayan biasa, sementara Afsanah ibu rumah tangga.

Berita Terkait: ūüĎČ  Pemkab Sergai Implementasikan Aplikasi‚ÄúNelayan Go Online

Sejumlah kalangan kemudian berpartisipasi menggalang dana buat Afdun. Salah satunya Ikatan Wartawan Online (IWO) Sibolga-Tapanuli Tengah. Penggalangan dana masih terus dilakukan untuk membantu pendanaan kebutuhan sehari-hari selama Afdun dirujuk di Adam Malik.

Donatur dapat mengirimkan donasinya melalui rekening atas nama Afsanah yang sudah dibuka khusus untuk penggalangan dana ini. Yakni di rekening bank BRI nomor 3827-01-031296-53-0. Donatur juga dapat mengkordinasikan donasinya dengan Afsanah di nomor telepon 085277172582.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here