Massa Gema Sibolga – Tapteng Desak Kejari Limpahkan Kasus SJT Ke Pengadilan

0
391 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MEDIA BERITA MONALISA | TAPTENG | – Seratusan massa yang bergabung dari profesi wartawan,  LSM dan masyarakat di Kota Sibolga dan Kabupaten Talanuli Tengah (Tapteng)  Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  Kamis (14/03-2019) mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga di Jalan Dr Sutomo Kota Sibolga memberi dukungan moril dan support kepada intitusi Adyaksa secara umum.  Khususnya Kejari Sibolga.

Massa yang mengatasnamakan dirinya Gerakan Masyarakat (Gema) juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga, Timbul Pasaribu SH. Gema menganggap Kejari telah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan peraturan.

“Kami Gema Save Kejari Sibolga memiliki komitmen menjadi garda terdepan mengawal kinerja Kejari Sibolga untuk menuntaskan berbagai kasus yang sedang ditangani baik kasus pidana umum, atau kasus pidana khusus,” seru kordinator aksi,  Simon Situmorang.

Dalam orasi aksi damai ini mendapat pengawalan ketat dari petugas Kepolisian Polres Sibolga. Selain membentangkan spanduk dan slebaran,  pada orasinya juga disampaikan Amin Jemayol.

Penanganan dan penuntasan kasus tindak pidana dugaan korupsi anggaran dana hibah Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Tapteng TA 2011 – 2016 yang lalu sebesar Rp. 850.000.000,- agar diusut tuntas dan segera diajukan kemeja persudangan di Pengadilan Negari Sibolga.

“Ketua Kwarcab Pramuka Tapteng masa bakti tahun 2011 – 2016 adalah SJT dan yang paling bertanggung jawab mengelola dana hibah pramuka itu, disinyalir korupsi” katanya.

Untuk itu, minta Imran Steven Pasaribu, dan Ramses Panggabean agar proses penegakan hukum berbagai kasus di Sibolga – Tapteng yang sedang ditangani Kejari Sibolga terhindar dari upaya intervensi serta upaya kriminilisasi terhadap pihak Kejari Sibolga.

SJT yang menjalani tahanan titipan Kejaksan di Lapas Sibolga diusut tuntas agar tidak menjadi polemik ditengah masyarakat Sibolga – Tapteng.

“Kasus dugaan korupsi yang dilakukan SJT dimasa menjabat Bupati Tapteng masa bakti tahun 2011 – 2016 diusut tuntas dan secepatnya diajukan ke Pengadilan Negeri Sibolga,” sebutnya.

Berita Terkait: 👉  Upacara Kenaikan Pangkat,Danramil 02/ST Beri Ucapan Selamat Kepada Anggotanya

Ketua Umum (Ketum) LSM Foal Independent, Imran Steven Pasaribu ketika dikonfirmasi Monalisa News mengatakan, kedatangan mereka untuk menyampaikan, memberikan dukungan atas kinerja Kejari sudah sesuai dengan fungsi, peraturan dan undang-undang.

“Kami datang kesini murni untuk memberikan dukungan atas kinerja Kejari Sibolga dalam melakukan tugas dan fungsinya sesuai peraturan perundang-undangan,” sebut Steven.

Kejari Sibolga lanjut Simon Sutumorang, telah menunjukkan kinerja yang baik. Terbukti baru baru ini Kejari Sibolga mendapat penghargaan dan apresiasi dari Kejati Sumut dalam upaya memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi.

Hal senada juga disampaikan Amin Jemayol,  Kejari Sibolga juga telah menjalankan tugasnya dalam pencegahan korupsi tanpa tebang pilih.

“Tidak hanya kepada masyarakat,  tetapi Kejari Sibolga telah membuktikan kinerjanya mampu memproses pejabat, baik mantan Bupati,  juga mantan Wakil Bupati telah terpenjara sekarang ini.” tegasnya

Kepala Kejari Sibolga Timbul Pasaribu SH, diwakili Kasi Pidum Kejari Sibolga, Syahrul SH mengapresiasi kehadiran massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat (Gema) untuk memberikan dukungan kepada Kejari Sibolga dalam penegakan hukum.

“Kehadiran,  dan aspirasi bapak dan ibu dari Gema Sibolga – Tapteng akan saya sampaikan kepada pak Kejari. Atas nama Kejari Sibolga, saya mengucapkan terimakasih atas aspirasi bapak ibu mendukung kinerja Kejaksaan Negeri Sibolga dalam menegakkan supremasi hukum.” kata Syahrul.

Usai menyampaikan aspirasinya yang diterima Kasi Pidum Kejari Sibolga,  Syahrul SH,  massa Gema Tapteng – Sibolga ini pun secara tertib membubarkan diri dan meninggalkan areal depan kantor Kejari Sibolga.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Wakil Bupati Tapteng Buka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Pratama Pemkab Tapteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here