DINAS KESEHATAN PEMKAB SERGEI TELANTARKAN POSKESDES BENGABING 

0
57 views

Oleh Budiman Manik

MONALISANEWS | SERGEI | – Poskesdes adalah upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat desa. Sekaligus sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya masyarakat dan dukungan pemerintah. meliputi upaya promotif, preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan terutama bidan dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela.

Fungsi Poskesdes yaitu terwujudnya masyarakat sehat yang siaga terhadap permasalahan kesehatan di wilayah desanya. Dan sekaligus sebagai sumber informasi dan  promosi kesehatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Tidak hanya itu, fungsi pengamatan, pencatatan dan pelaporan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, terutama penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa atau KLB serta factor- factor resikonya.

Dengan adanya Poskedes, tersedianya upaya pemerdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya di bidang kesehatan melalui  pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat dan tenaga professional kesehatan serta terkoordinasinya penyelenggaraan UKBM lainnya yang ada di desa.

Dari hasil penelusuran Monalisa, Senin 13/1/2020, apa yang menjadi program pemerintah pusat menuju Indonesia sehat, ternyata berbanding terbalik  dengan apa yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Pemkab Serdang Bedagei. Pasalnya, salah satu Poskedes di Desa Bengabing Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Gedung yang dibangun dengan uang rakyat, mungkin dengan dana puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, alat alat kesehatan yang ada seperti tidak terawat dan kesannya dilakukan pembiaran sehingga terlihat kotor, seperti kandang hewan.

Warni, ibu beranak tiga ini saat dimintai keterangannya, mermbenarkan bahwa, Poskesdes tersebut kosong dan tidak terawat, untuk konsultasi kesehatan ibu dan anak, kami tidak tau kemana. Dan informasi informasi kesehatan dari kabupaten tidak pernah kami dapatkan.

“Seperti itulah pak!. Kondisinya, kami   kesehatan untuk anak harus kerumah sakit, karena biasanya yang saya tau, Bidan Desa yang menempati Poskesdes. Sulitnya lagi kalau malam hari, anak anak sakit, kita harus kerumah sakit yang jarakya cukup jauh.” Ungkapnya.

Kami sebagai warga sangat membutuhkan petugas medis, sebagai masyarakat awam kami berharap Bupati melalui dinas terkait agar Poskesdes yang sudah ada dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Agar kami tidak kesulitan, ketika ada insiden sehingga warga mendapat pertolongan pertama dari petugas medis yang ada didesa kami.”Tolong perhatikan kesehatan kami pak Bupati Sukirman, kami juga warga Serdang Bedage”. imbuhnya.

Kepala Puskesmas Pegajahan, terkait Poskedes yang tidak terawat dan berfungsi, melalui  pesan Whatsapp monalisa mempertanyakannya, namun sangat disayangkan. Hingga berita ini dilansir belum ada jawaban, hal yang sama juga terjadi kepada Kadiskes Pemkab Sergei.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here