Pertarungan Wartawan Sebagai Calon Kepala Desa Ujung Negeri Hulu

0
78 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | SERGEI | – Nama Abdul Rahman Manik dikalangan Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Serdang Bedagei sudah tidak asing lagi, baik di kalangan birokrasi Negeri Bertuah, Tanah Beradat, maupun dari kalangan TNI/Polri. Profesinya sebagai wartawan  diwarisinya dari orang tuanya Alm.Mhd Idrus Manik mantan Wartawan SIB,Mimbar Umum dan Ibu Almh Nurhayati Simarmata.

Sebagai Sekretaris Organisasi Profesi Dewan Pimpinan Cabang Komite Wartawan Reformasi Indonesia (DPC KWRI) Kabupaten Serdang Bedagei, Abdul Raahman Manik  mempunyai mimpi besar, ikut dalam bursa calon kepala Desa Ujung Negeri Hulu priode 2019-2024.

Rahman, demikian ia akrab disapa, adalah salah satu wartawan yang bakal bertarung pada Pilkades Serentak di 122 desa sekabupaten Serdang Bedage, dan bakal digelar Rabu 30 Oktober 2019 mendatang.

Sebagai wartawan, Rahman dikenal mempunyai kepedulian tinggi terhadap desanya. Berbagai kiprah telah dilakoni di desa Ujung Negeri Hulu Kecamatan Bintang Bayu, Sergai. Majunya Rahman bukan tanpa alasan, semua itu berkat sokongan keluarga dan juga permintaan masyarakat sekaligus dukungan teman teman Jurnalis.

Rahman, yang pamilier serta  ramah dan mudah bergaul ini  digadang gadang merupakan calon kuat. Hal tersebut dikuatkan dengan visi dan misinya, untuk  betul-betul menyiram hati masyarakat sehingga memilihnya.

Dengan menusung jargon,“Ujung Negeri Hulu Bermartabat”, melalui tata kelola pemerintahan desa yang baik dan bersih, Abdul Rahman akan mewujudkan desa Ujung Negeri Hulu yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Untuk mewujudkan Visinya bukan tanpa alasan, Dengan Misi yang dimiliki Rahman  pastinya  penyelenggaraan  pemerintahan Desa harus Bersih, Demokratis, Transparan, dan Terbebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme Serta Bentuk – bentuk  dan Penyelewengan Lainnya, melalui anggaran  Dana Desa dirinya akan berkeja sama dengan masyarakat mengembangkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam desa yang ada. Semuanya itu tak lepas dari SDM masyarakat melalui peningkatan pendidikan.

Sebagai seorang wartawan yang telah memiliki segudang pengalaman tentang tata kelola pemerintahan, Rahman memiliki mimpi besar dalam upaya mensejahterakan masyarakat  Ujung Negeri Hulu.

Berita Terkait: 👉  "Tolong...tolong rumahku terbakar...tolong"

Melalui program pembangunan desa jangka panjang,menengah dan pendek  secara berantai disosialisasikan kepada masyarakat, serta pengoptimalisasian tugas, wewenang serta fungsi struktural pemerintah desa dalam pelayanan prima yang efektif efisien dan gratis. Tidak hanya itu , Rahman akan mengoptimalisasi Pendapatan Desa sesuai kebutuhan Masyarakat Ujung Negeri Hulu.

Jargon,“Ujung Negeri Hulu Bermartabat”,tidak serta merta muncul, artinya melalui  pendidikan dalam bidang keagamaan menjadi skala prioritas Rahman.salah satunya membantu mesukseskan Program Pemerintah untuk mengurangi anak putus sekolah dan buta aksara.

Tidak hanya itu, program sosial diera kepemimpinannya kelak apa bila masyarakat berkomitmen memberikan amanah kepadanya untuk memimpin Desa Ujung Negeri Hulu. Dirinya akan memberikan bantuan operasional setiap tahun kepada lembaga pendidikan keagamaan (TPA maupun Diniyah),Bilal Mayit,Penjaga Makam,dan Nazir Masjid. Serta membangun mitra kerja terhadap lembaga-lembaga pendidikan untuk memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi yang tidak mampu.

Sebagai seorang intlektual, dan memiliki SDM yang mumpuni, Rahman akan membuka seluas-luasnya kemitraan sejajar dengan pihak lain dalam upaya meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat. Serta meningkatkan sarana dan prasarana wilayah yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian masyarakat. menjalin kerja sama dengan pihak terkait untuk perbaikan jalan poros desa dan penerangan jalan secara berkala.

Tidak hanya itu,Rahman akan mengoktimalkan peran  Karang Taruna,Remaja Masjid dan organisasi masyarakat lainya sebagai kontrol sosial dan kaderisasi. Sekaligus mengupayakan pembangunan dan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang ada di Desa Ujung Negeri Hulu.

Majunya Abdul Rahman Manik, mendapat dukungan kuat dari kalangan jurnalis, termasuk Kodinator Daerah (Korda) Komite Wartawan Reformasi Indonesia Sumatera Utara, dan seluruh DPC Sesumatera Utara.

Kemas Edi Junaidi, kepada Monalisanews, di Kantor KWRI Jl Alteleri No 8 Kota Pematangsiantar  Sumatera Utara, Kamis (15/10/019) mengatakan, Tidak menutup kemungkinan, seorang wartawan ikut sebagai calon kepala desa, bertarung dan jadi pemenang. “ Kemampuan Bung Rahman untuk meyakinkan masyarakat melalui  Visi Misi yang dimilikinya tidak perlu diragukan. Artinya sebagai calon  Kepala Desa, sudah dimiliki. Seperti  mengorganisir masyarakat untuk menentukan pilihan terhadap dirinya sebagai calon pemenang,”ungkap Kemas.

Kemas lebih lanjut menambahkan, Pesta demokrasi pemilihan kepala desa,  menentukan  sosok pemimpin yang bakal dijadikan imam enam tahun mendatang. Masyarakat jangan salah memilih, akibat politik transaksional  pada hari H, dan hal ini harus diwaspadai oleh panitia penyelenggara,’ungkap Kemas yang selalu akrab disapa Babe.

“ Kami siap mendukung dan berjibaku untuk memenangkan Bung Rahman, ini pertarungan marwah. Jangan anggap remeh wartawan, karena Wartawan super hero yang mampu menyelamatkan dunia,”pungkasnya.(*)

Berita Terkait: 👉  Angin Puting Beliung Menghantam Sidamanik

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here